Otomotif Terbaru

Innova – Fortuner Akan Segera Turun Harga Pada Bulan

pumarihannacreepers – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan untuk mesin berkapasitas 1.500 cc hingga 2.500 cc atau lebih, pengurangan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) akan berlaku mulai April. Alhasil, harga mobil di segmen pasar Innova hingga Fortuner akan turun bulan ini.

Innova – Fortuner Akan Segera Turun Harga Pada Bulan

Sri Mulyani mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyelesaikan peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang memberikan potongan harga PPnBM untuk mobil berkapasitas mesin antara 1.500 cc hingga 2.500 cc atau lebih.

Sri Mulyani dalam video conference pada Maret 2021 mengatakan: “Proses finalisasi PMK untuk 2.500 cc sudah selesai, dan prosesnya akan berlaku mulai April, khusus untuk 1500 hingga 2500 cc ke atas. PMK, akan diumumkan saat PMK selesai. ”APBN, Selasa (23/3/2021).

Namun demikian, rincian persyaratan yang harus dipenuhi belum diungkapkan. Sri Mulyani dalam kesempatan sebelumnya mengatakan TKDN minimal 70%.

Menurut catatan detikcom, kebijakan tersebut akan mengoreksi harga kendaraan bermotor jenis Innova dan Fortuner. Saat ini, PPnBM dikendurkan secara bertahap, 0% dari Maret hingga Mei, kemudian PPnBM 50% dari Juni hingga Agustus, dan 25% dari September hingga akhir November.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013, pengaturan tersebut mengatur mengenai Barang Kena Pajak Mewah, termasuk kendaraan bermotor yang dikenai pajak berupa kendaraan bermotor. Fortuner dan Innova termasuk dalam kendaraan penggerak 4×2 dengan kapasitas mesin kurang dari 2.500 cc dan tarif PPnBM 20%. Sedangkan tarif pajak PPnBM untuk Fortuner 4×4 adalah 40%.

Comment here